3 Rekomendasi Jenis Pinjaman Uang yang Mudah Bagi Pebisnis Pemula


Posted On Mar 15 2020 by

Beberapa tahun lalu, bagi orang yang baru mau memulai bisnis pertama kali, memang tidak mudah mengajukan pinjaman uang untuk modal ke lembaga pinjaman. Sebab, dalam pinjaman uang untuk modal usaha, lembaga pinjaman biasanya akan mengutamakan orang atau calon debitur yang sudah pernah menjalankan usaha sebelumnya. Plus, meminta berbagai dokumen seperti proposal usaha, histori atau profit sebelumnya, hingga dokumen yang dapat menjadi jaminan lainnya.

Seperti yang kita ketahui, menjalankan sebuah usaha, tidak selalu mulus. Pasti ada pasang dan surutnya. Terlebih lagi untuk bisnis baru, tentunya lebih berisiko jika sumber modalnya berasal dari pinjaman. Inilah salah satu hal yang berusaha dicegah oleh lembaga pemberi pinjaman: agar tidak terjadi kredit macet.

Namun, kini kondisinya sudah berubah. Akses pinjaman uang semakin mudah didapat karena perkembangan teknologi yang pesat. Tidak hanya pinjaman untuk kebutuhan darurat, tetapi juga untuk modal bisnis. Kalau kamu pemula yang berniat tes peruntungan di dunia bisnis, ada 3 rekomendasi pinjaman uang yang bisa kamu coba:

Pinjaman Uang Online Terpercaya

Ciri utama dari pinjaman uang online yang aman sekaligus terpercaya adalah yang perusahaannya sudah terdaftar di OJK. Untuk mengecek atau memverifikasi hal tersebut, kamu dapat mengunjungi situs resmi OJK untuk melihat informasi terbaru perihal daftar pinjaman uang online atau fintech yang telah terdaftar dan memiliki izin. Setiap fintech, memiliki kebijakan limit dan suku bunga pinjaman yang berbeda-beda. Untuk modal bisnis, utamakan memilih yang limitnya besar namun suku bunganya bersahabat.

Salah satu fintech pinjaman uang yang memenuhi kriteria tersebut adalah Kredivo. Kredivo memiliki suku bunga tetap sebesar 2,95% untuk pinjaman uang tunai mulai dari 500 ribu sampai dengan puluhan juta. Nggak hanya suku bunganya yang bersahabat, Kredivo juga menyediakan opsi tenor pinjaman yang variatif, mulai dari 30 hari, 3 bulan, dan maksimal hingga 6 bulan.

Yang paling penting, daftar akun dan meminjam uang di Kredivo untuk modal bisnis, tidak memerlukan proposal bisnis atau histori profit bisnis sebelumnya. Kamu hanya perlu download aplikasi Kredivo di Google Play Store atau App Store kemudian daftar sebagai akun Premium agar bisa menggunakan fitur pinjaman uang sekaligus berkesempatan mendapatkan limit maksimal hingga Rp 30 juta.

Kredit Tanpa Agunan

Buat kamu yang berprofesi sebagai pegawai kantoran dengan payroll di bank atau memiliki kartu kredit dari bank tertentu, jangan sia-siakan kesempatan untuk mengajukan kredit tanpa agunan (KTA) di bank tersebut. Biasanya, bank menyediakan sekaligus akan menawarkan KTA kepada nasabah payroll atau kartu kredit yang memiliki histori pembayaran cukup baik. Kredit tanpa agunan adalah jenis pinjaman yang diberikan kepada nasabah tanpa memerlukan aset sebagai jaminan.

Limit pinjamannya biasanya akan disesuaikan dengan jumlah limit kartu kredit nasabah atau kondisi finansial nasabah yang dilihat dari besaran gaji atau histori rekeningnya. Sama dengan pinjaman uang online terpercaya seperti Kredivo, mengajukan KTA ke bank, biasanya bunganya juga akan bersahabat dan pilihan tenornya lebih beragam. Selain itu, kesempatan pengajuan pinjaman untuk disetujui juga jadi lebih besar. Sebab, kamu sudah menjadi nasabah dari bank tersebut sebelumnya sehingga kondisi finansialmu lebih mudah untuk dianalisa, baik dalam bentuk payroll atau histori kartu kredit.

Pinjaman KUR (Kredit Usaha Rakyat)

Apakah kamu saat ini sedang merintis usaha kecil yang butuh tambahan modal untuk pengembangan? Pinjaman KUR atau Kredit Usaha Rakyat yang diadakan oleh pemerintah melalui beberapa bank seperti BRI, Mandiri, BNI, BTN, hingga Bukopin, bisa menjadi solusi terbaik. Jenis pinjaman ini memang dikhususkan untuk mendukung usaha rakyat yang sudah feasible namun belum bankable.

Feasible merupakan kondisi di mana sebuah usaha rakyat sudah layak, memiliki potensi serta prospek yang cerah, dan dalam kondisi keuangan yang cukup untuk mengembalikan pinjaman. Sayangnya, usaha tersebut belum bankable alias belum punya akses yang mudah untuk mendapat dana pinjaman sebagai modal tambahan. Nah, untuk bisa mengajukan KUR, kamu harus datang langsung ke bank terkait untuk menanyakan seputar prosedur dan regulasi pinjamannya.

Yang perlu diingat, berbeda dengan pinjaman uang tunai di fintech atau KTA bank, pinjaman KUR memiliki persyaratan pinjaman yang lebih banyak dan detail. Sebab, pihak bank akan membutuhkan data-data usaha yang sedang kamu jalankan sebagai bahan penilaian dan analisa. Usaha yang kamu jalankan juga minimal harus sudah berumur 6 bulan, bukan hanya sekadar rencana di atas kertas. Plus, usaha tersebut memiliki kondisi keuangan yang sehat dan sudah menghasilkan profit.

Terakhir, apapun jenis pinjaman yang kamu pilih demi mewujudkan bisnis impian, jangan lupa untuk memiliki perencanaan yang matang lebih dulu. Selain itu, ketika pinjaman sudah cair, pastikan kamu menggunakan pinjaman tersebut sesuai rencana yang sudah dibuat, ya!

Last Updated on: March 15th, 2020 at 6:40 pm, by penulis


Written by penulis


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *