5 Tips Memilih Gelang Emas


Posted On Nov 29 2019 by

Sejak dulu hingga sekarang, masih ada banyak orang yang menganggap bahwa emas adalah tanda kekayaan. Seiring berkembangnya jaman, bentuk dari emas juga berubah. Tidak hanya emas dalam bentuk batangan, kini ada banyak sekali jenis perhiasan yang menggunakan emas sebagai bahan pembuat utama. Salah satu perhiasan yang biasanya memiliki bahan dari emas adalah gelang. Meski demikian, banyak gelang emas palsu yang beredar. Anda harus berhati-hati memilih mana gelang emas asli. Berikut ini adalah tips memilih gelang emas yang bisa Anda terapkan ketika ingin membeli.

1.    Memastikan nilai karat

Hal pertama yang harus Anda perhatian ketika akan membeli gelang dari emas adalah kandungan atau nilai karatnya. Besar karatnya akan berpengaruh pada harga yang harus Anda bayarkan nantinya. Ada 4 kategori karat yang harus Anda ketahui. Yang pertama adalah 24 karat, diikuti dengan 18 karat, 14 karat hingga yang terendah adalah 10 karat. Besaran karat akan ditentukan berdasarkan kadar emas dan campuran logam mulia yang ada di dalamnya. Misalnya saja emas 18 karat. Artinya, bahan emas yang ada dalam perhiasan tersebut adalah 75%, sisanya adalah campuran bahan lainnya. Harga yang termahal tentu saja gelang dengan emas 24 karat. Maka dari itu, Anda harus menyiapkan budget pembelian sesuai dengan emas yang ingin Anda beli. Sebagai patokan, Anda bisa melihat-lihat di internet.

2.    Mencari tahu jenis emasnya

Cara kedua yang bisa Anda terapkan adalah menanyakan apa jenis emas yang digunakan. Sebelum itu, Anda harus mengetahui dua jenis emas dalam perhiasan. Emas yang pertama adalah emas putih dan yang kedua adalah emas kuning. Biasanya, emas kuning mendapatkan perhatian lebih karena mudah untuk dikenali dari warnanya. Bagi Anda yang memiliki alergi terhadap jenis kandungan tertentu, Anda bisa membeli jenis emas kuning. Emas kuning memiliki kandungan zinc dan tembaga, sehingga lebih aman dibandingkan emas putih. Kelemahan dari emas kuning ini adalah mudah tergores sehingga Anda harus lebih sering untuk merawatnya. Emas putih lebih aman apabila Anda tidak memiliki waktu lebih untuk bisa merawat rutin gelang emas Anda.

3.    Membeli di toko emas terpecaya

Ini adalah cara yang paling tepat apabila Anda ingin mendapatkan gelang emas terbaik. Anda bisa menanyakan apa saja yang Anda ingin ketahui, mulai dari kandungannya, besar karatnya, hingga yang lainnya. Membeli emas memang lebih baik kalau secara offline, tentu karena Anda bisa melihat secara langsung barangnya. Anda juga bisa membawa langsung perhiasan tersebut. Untuk harga, semua toko perhiasan bebas untuk mematok berapa tarif yang ingin mereka tentukan.

4.    Mencari ukuran yang pas

Tentu Anda harus mencari ukuran yang pas apabila ingin membeli gelang. Gelang yang terlalu kecil akan membuat sirkulasi darah Anda menjadi tidak lancar. Sedangkan gelang yang terlalu besar akan sering jatuh dan membuat Anda tidak nyaman. Selain tentang ukurannya, Anda juga bisa mencari model gelang emas yang menurut Anda bagus. Apabila Anda ingin mencari ukuran yang pas untuk lengan Anda, maka kenali terlebih dahulu bentuk lengan Anda. Misalnya, Anda memiliki bentuk lengan yang besar, maka Anda bisa menggunakan gelang emas yang tebal agar sesuai dengan ukuran lengan Anda.

Itu dia 4 tips yang bisa Anda lakukan untuk memilih gelang emas. Tentu Anda ingin agar bisa mendapatkan produk terbaik bukan?

Last Updated on: November 29th, 2019 at 6:03 am, by penulis


Written by penulis


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *