Rawat Tubuh Saat Hamil


Posted On Sep 2 2018 by

Bagi Anda yang sedang hamil, tentunya dari hari ke hari janin Anda menjadi semakin membesar dan berkembang. Begitu pula dengan tubuh Anda, berbagai gejala yang cukup menyiksa seperti mual, kelelahan, pusing , dan muntah akan muncul. Kehamilan yang sudah memasuki trimester kedua bisa dibilang sudah cukup kuat dan menjadi sebuah kepastian bagi Anda dan keluarga untuk mempersiapkan segala keperluan bagi sang bayi.

Selama kehamilan, Anda akan semakin sulit tidur jika bayi dalam kandungan sudah mulai aktif di malam hari ditambah lagi dengan perut yang semakin membesar. Memilih posisi tidur pun juga akan semakin sulit. Di trimester kedua, posisi tidur yang paling baik bagi Anda adalah posisi miring karena akan memudahkan Anda untuk bernafas. Sebaiknya hindari tidur dengan posisi telentang karena posisi tersebut dapat menekan organ dalam Anda sehingga Anda merasa sesak nafas, bayi dalam kandungan juga merasa tidak nyaman dengan posisi tersebut.

Bukan hanya akan merasakan sulit tidur, Anda juga akan lebih sering lapar karena janin membutuhkan lebih banyak asupan makanan untuk berkembang. Perbanyaklah intensitas makan Anda namun dengan porsi yang lebih sedikit sehingga Anda dan bayi Anda tidak mengalami obesitas. Adapun perawatan tubuh yang harus Anda penuhi di usia kehamilan 18 minggu adalah:

  1. Vitamin A

Selama kehamilan, bayi sangat memerlukan vitamin A untuk perkembangan matanya. Pada trimester kedua, retina bayi mulai peka terhadap cahaya dari luar sehingga sangat memerlukan vitamin A untuk kesehatan matanya.

  1. Kalsium

Perkembangan tubuh bayi yang menuju sempurna sangat memerlukan kalsium dalam jumlah yang cukup tinggi. Pembentukan tulang rusuk akan menyerap banyak kalsium dalam prosesnya. Hal terburuk dari kekurangan kalsium adalah bayi Anda akan menyerap banyak kalsium dari tubuh Anda jika ia tidak mendapat asupan kalsium yang cukup, maka dari itu sebaiknya konsumsi makanan yang mengandung kalsium tinggi seperti susu, sayuran hijau, atau yoghurt.

  1. Omega 3

Otak bayi yang terus berkembang  selama kehamilan sangat memerlukan omega 3 agar perkembangan otak lebih optimal. Sebaiknya pilih ikan daripada daging atau ayam untuk dikonsumsi karena ikan memiliki kandungan asam lemak omega 3 yang cukup tinggi. Namun hindari makanan laut lain seperti kerang karena gampang terkontaminasi zat merkuri yang banyak mencemari lautan.

  1. Zat besi

Dalam proses pembentukan tubuh diperlukan banyak sel darah merah dan oksigen sehingga bayi sangat memerlukan zat besi. Selain itu, seorang ibu hamil memang rentan dengan anemia. Konsumsi sayuran hijau atau suplemen penambah zat besi untuk menghindari anemia.

Last Updated on: September 2nd, 2018 at 8:47 pm, by admin


Written by admin


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *